Selasa, 13 Maret 2012

MAKALAH TEKNIK OTOMOTIF


TEKNIK OTOMOTIF
REFRIGERATOR

Oleh : Nikmatul khoiriyah




KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr. wb
Syukur alhamdulillah ke Hadirat Allah SWT. Karena atas rahmad, hidayah dan ridho-Nya, setelah melalui berbagai kesulitan akhirnya saya dapat menyelesaikan makalah yang sederhana ini.
Saya menyadari bahwa dalam laporan ini masih belum sempurna, yang dikarenakan adanya keterbatasan waktu yang diberikan. Tetapi berkat bimbingan dan pengarahan dari berbagai pihak maka saya dapat menyusun makalah ini dengan lancar dan semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Saya sangat mengharap saran, pendapat, maupun kritik yang bersifat membangun. Semoga makalah yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Sebagai manusia biasa saya tidak luput dari kekurangan dan kesalahan. Bila ada kesalahan itu datangnya dari saya pribadi dan bila ada kebenaran dan kabaikan itu dari Allah SWT. Semata. Untuk itu bila ada kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum wr. wb.














DAFTAR ISI

Kata pengantar..................................................................................................2
Daftar isi………………………………………………………………………3
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………....4
1.1 Latar belakang…………………………………………………………....4
1.2 Rumusan masalah………………………………………………………..4
1.3 Tujuan penulisan…………………………………………………………4
BAB II REFRIGERASI (PENGKONDISIAN UDARA)…………………...4
2.1 PENGERTIAN…………………………………………………………...4
1.1 REFRIGERANT………………………………………………………....5
1.2 Sifat HFC134a……………………………………………………………5
a. Heater………………………………………………………………………5
(1) Water valve……………………………………………………………….5
(2) Heater core………………………………………………………………..5
(3) Blower……………………………………………………………………5
b. Air conditioner…………………………………………………………….5
1) Apakah air conditioner itu? ………………………………………………5
2) Unit pendingin…………………………………………………………….5
a) Expansion valve…………………………………………………………...6
b) Evaporator………………………………………………………………....6
c) Drain paint…………………………………………………………………7
3) Condensor…………………………………………………………………7
3).1 Tipe Condensor…………………………………………………………7
4) Sirkulasi refrigerant pada AC mobil………………………………………8
BAB III GAMBAR SIRKULASI REFRIGERANT PADA AC MOBIL……8
BAB IV PENUTUP………………………………………………………….9
4.1 KESIMPULAN………………………………………………………….9
4.2 KRITIK DAN SARAN………………………………………………….9
 BAB V DAFTAR PUSTAKA………………………………………………9

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar belakang
Banyak alat – alat elektronik disekitar kita dan salah satu nya ‘REFRIGERASI’ yang sebenarnya simpel tapi kita tidak tahu bagaimana cara / langkah kerjanya.
1.2. Rumusan masalah
Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis merumuskan permasalahan tentang cara langkah/ sirkulasi refigerasi pada mobil, dan komponen apa saja yang ada didalamnya.
1.3. Tujuan penulisan
Agar kita dapat mengerti dan memahami tentang refrigerasi (pengkondisian udara).


BAB II
ISI
REFRIGERASI
(PENGKONDISIAN UDARA)

2.1. PENGERTIAN

Pendingin (cooler)akan mendinginkan dan mengurangi kelembaban udara dari dalam atau luar kendaraan, sehingga dihasilkan kondisi udara yg nyaman.
Sehabis berenang pada siang harikita merasakan sedikit dingin. Hal ini akibat dari sisa air yg menempel pada tubuh kita menguap.saat ar menguap akan menarik panas dari badan kita.sama halnya kalau kita membasahi kapas dengan alcohol,lalu menempelkannya pada badan kita.
Sesaat kemudian cairan alcohol tsb akan menguap berubah menjadi gas.pada saat hal ini terjadi alcohol akan menarik panas dari kulit kita(kulit kita merasa dingin).
Berdasarkan prinsip tsb kitadapat menerapkannyapada sistim AC,yaitu cairan pada saat menguap membutuhkan panas.

1.1 REFRIGERANT
Adalah media pemindah panas yaitu senyawa yg bersirkulasi pada system AC untuk menghasilkan efek pendinginan. Refrigerant yg dipakai pada kendaraan sekarang ini adalah HFC134a yg tidak merusak lapisan Ozon,karena tidak mengandung chlor.
1.2 Sifat HFC134a
Pada tekanan atsmofir air mendidih pada suhu 100ºC(212ºF). kalau HFC134a dilepaskan ke udara,maka secara cepat akan menguap dengan mengambil panas dari udara sekitarnya. HFC134a juga akan secara mudah mengembun kembali menjadi cair pada kondisi tekanan tertentu dengan melepaskan panas ke sekelilingnya.

a. Heater
Heater (pemanas) yang menggunakan air panas umumnya digunakan pada kendaraan, dan terdiri dari komponen – komponen seperti water valve, Heater core dan blower.
(1) Water Valve
Water valve dipasang pada sirkulasi air pendingin mesin dan mengatur jumlah air panas yang masuk ke Heater core. Water valve dioperasikan dengan menggerakkan control lever (tuas pada control panel)
(2) Heater core
Konstursi heater core pada umumnya terdiri dari fin – fin dan tube. Sebuah model baru Heater core diperkenalkan yang terdiri dari lubang – lubang pada plate, hal ini untuk meningkatkan ujuk kerjanya.
(3) Blower
Blower berfungsi untuk mengalirkan udara dari luar atau ruang penumpang ke heater dan evaporator yang selanjutnya ke ruang penumpang. Blower terdiri dari motor dan fan. Umumnya motor yang digunakan adalah tipe Ferrite dan fan tipe Sirroco.

b. Air Conditioner
1)Apakah air conditioner itu?
Sebuah peralatan air conditioner dipergunakan untuk :
a. Mengatur suhu udara
b. Mengatur sirkulasi udara
c. Mengatur kelembaban udara
d. Mengatur kebersihan udara
Air conditioner mempertahankan kondisi udara baik suhu dan kelembabannya agar nyaman dengan cara sebagai berikut :
(1) Pada saat suhu ruangan tinggi, air conditioner akan mengambil panas dari udara, sehingga suhu diruangan turun. Sebaliknya saat suhu ruangan rendah air conditioner akan memberikan panas ke udara, sehingga suhu udara naik.
(2) Bersamaan dengan itu kelembaban udara dikurangi sehingga kelembaban udara dipertahankan pada tingat yang nyaman.Untuk menunjang kerja air conditioner tersebut maka pada air conditioner umumnya dilengkapi dengan heater, cooler (evaporator), dan system ventilasi seperti Blower, air purifier (pembersih udara) dan saluran udaranya.
2) Unit pendingin
Unit pendingin terdiri dari 3 bagian utama yaitu :
a) Expansion valve
Setelah melewati receiver, cairan refrigerant dialirkan ke orifice (lubang kecil yg tiba – tiba membesar dan disebut Expansion valve) akibat cairan yg tiba – tiba cairan salurannya diperbesar, maka cairan refrigerant akan berubah menjadi bertekanan dan bersuhu rendah dengan wujud kabut. Ada 2 macam expansion valve yaitu :
1. tipe constant pressure (tekanan tetap)
2. tipe thermal (sensor panas)
Expansion tipe thermal lah yg banyak digunakan pada AC mobil.
Expansion valve ini akan mengatur jumlah aliran refrigerant yg akan di uapkan di evaporator, akibat dari pengaturan aliran refrigerant ini, maka suhu ruangan dapat diturunkan berdasarkan beban panas yg ada pada evaporator. Jumlah aliran refrigerant yg melewati expansion valve ditentukan oleh gerakan turun naik valve.
Gerakan valve ini diatur karena perbedaan tekanan antara Pf (tekanan didalam sensing bulb) dan jumlah Ps (tekanan spring) dan Pe (tekanan dalam evaporator.
b) Evaporator
Kegunaan evaporator berlawanan dengan condenser. Wujud refrigerant sebelum di ekspansi 1oo% berbentuk cairan. Akibatnya secara cepat tekanan turun, refrigerant mulai menguap dan selanjutnya menyeran panas dari udara yg dilewatkan melalui fin – fin pendingin pada evaporator, sehingga udara menjadi dingin. Evaporator dibuat dari aluminium dan ada 3 jenis evaporator :
1. Tipe plat fin
2. Tipe serpentine fin
3. Tipe draw cup
Seperti condensor, konstruksi evaporator sangat sederhana, tapi evaporator ialah komponen paling penting pada system AC. Kondisi dan konstruksi dari evaporator berperan besar pada efisiensi AC.
c) Drain paint
Fungsi drain pant ialah untuk mengumpulkan air yg diembunkan oleh evaporator dan membuangnya keluar.
3) Condensor
Condensor digunakan untuk mendinginkan gas refrigerant bertekanan dan bersuhu tinggi dan merubahnya menjadi cairan refrigerant. Sejumlah besar panas dilepaskan ke udara bebas melalui condensor.
Hal ini akan mempengaruhi efek pendinginan pada evaporator. Untuk itu condensor didepan kendaraan untuk mendapatkan pendinginan oleh radiator fan dan udara yg lewat saat kandaraan bergerak.
Ada beberapa model yg dilengkapi secara khusus dengan fan untuk condensor.
3).1 Tipe Condensor
Untuk memperbaiki unjuk kerja pendinginan dan mengurangi berat serta ukuran Condensor, beberapa tipe baru condensor telah dikembangkan antara lain sebagai berikut:
a) Tipe Single Pass (aliran tunggal)
uap refrigerant menagalir melalui satu alir
b) Tipe Two Passage (aliran ganda)
Condensor ini mempunyai 2 arah aliran refrigerant untuk menaikkan unjuk kerja pendinginan.
c) Tipe Three Passage (aliran tiga)
Condensor ini mempunyai 3 arah alirant refrigerant untuk menaikkan unjuk kerja pendinginan.
d) Tipe Multi Passage
Condensor ini dikembangkan untuk mengurangi berat dan ukurannya khusus untuk system AC.R134a
4) Sirkulasi refrigerant pada AC mobil
a) Pada keluaran kompresor (discharge compressor), refrigerant bersuhu bertekanan tinggi mengandung panas yg diserap oleh evaporator dan panas yg dihasilkan oleh kompresor pada langkah tekan.
b) Gas refrigerant ini mengalir ke condensor, di dalam condensor di embunkan menjadi cairan refrigerant.
c) Cairan refrigerant ini mengalir ke receiver. Di receiver cairan disaring dan disimpan sampai evaporator membutuhkan refrigerant untuk diuapkan.
d) Expansion valve merubah cairant refrigerant menjadi bersuhu dan bertekanan rendah dengan bentuk kabut (spray).
e) Refrigegant bersuhu dan bertekanan rendah tersebut masuk ke evaporator. Di evaporator refrigerant menguap dan mengambil panas, dan udara hangat yg dilewatkan di evaporator. Seluruh cairan berubah menjadi gas refrigerant didalam evaporator dan gas yg mempunyai panas latent tersebut mengalir kedalam compressor, selanjutnya proses tersebut berulang kembali.

BAB III
GAMBAR SIRKULASI REFRIGERANT PADA AC MOBIL




BAB IV
PENUTUP

4.1. KESIMPULAN
Dari berbagai uraian diatas merupakan dasar – dasar tentang refrigerant. Mulai dari bagian – bagiannya dan sirkulasinya.

4.2. KRITIK DAN SARAN
Demikian makalah yang kami buat, semoga bermanfaat bagi kita semua, kami selaku penyusun mohon maaf apabila dalam penyusunan makalah ini ada kata – kata yang kurang berkenan atau kurang pas.
           
BAB V
DAFTAR PUSTAKA

Susilo,david. 2011. Ringkasan Teknik Mesin Otomotif. Http:// Blogspot.reaction.html/.

Wikipedia. 2011. Teknik Otomotif. Http://wikipedia.org/wiki/teknik_otomotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar